Apa Itu Teaming PUBG Mobile? Simak Ulasannya

game

Teaming PUBG Mobile merupakan istilah buruk yang berada di dalam game besutan Tencent ini. Teaming adalah perbuatan yang sengaja dilakukan dua team atau individu untuk bekerja sama di suatu permainan agar bisa menjadi team atau pemain terakhir lalu mendapat WWCD.

Ini mengacu di pengaturan permainan yang hukumnya adalah haram kalau dilakukan saat bermain di sebuah kompetisi atau event. Selain memperburuk keadaan kedua team, kejadian semacam ini ikut mencoreng nama turnamen yang mengadakan kompetisi itu.

Apabila sebuah turnamen ‘kecolongan’ oleh sejumlah team itu bisa merusak kepercayaan sponsorship dan stakeholder yang terlibat. Perilaku semacam ini seperti domino slot yang bisa menyeret banyak hal sekaligus menodai seluruh elemen yang terlibat pada kompetisi tersebut.

Sedikit Penjelasan Teaming PUBG Mobile

Insiden ini tak hanya dilarang di PUBG saja, tetapi juga di kompetisi Esports serta olahraga fisik tentunya. Dibawah ini merupakan beberapa hal yang jadi indikasi munculnya teaming di kompetisi PUBG Mobile.

  • Menyisakan Satu Pemain Team Musuh Saat War

Salah satu pertanda yang paling jelas terlihat ialah menyisakan satu player musuh saat sedang bertempur.

Hal yang menguatkan asumsi ini ialah pemain mengetahui kalau team musuh masih knock, namun langsung meninggalkannya lalu membiarkan pemain  yang masih tersisa itu untuk bisa melakukan healing.

  • Mengetahui Posisi Musuh Tapi Tidak Bertempur

Indikasi ini bisa dilihat saat kedua team sudah saling mengetahui posisi masing-masing tapi mereka tidak melepaskan tembakan. Ini biasanya langsung dimasukkan ke investigasi lalu jadi bahan pertimbangan untuk diberi sanksi.

Insiden Teaming yang Pernah Terjadi di PUBG Mobile

Satu-satunya kejadian yang terbukti sudah melakukan teaming PUBG Mobile ialah saat PMWL 2020 zona Barat. Kala itu mempertemukan kedua team dari Brasil, Team Queso dan Loops Esports.

Kondisi saat ini terlihat Loops Esports tahu dan melihat Team Queso yang berotasi. Namun mereka tidak menembak lalu meneruskan permainan dengan jujur. Dikarenakan insiden ini, sanksi yang dijatuhkan ke kedua team ialah pengurangan poin.

Sampai saat ini, ada banyak sekali indikasi mengenai beberapa team yang telah melakukan teaming di turnamen PUBG Mobile internasional, namun belum terbukti saat masuk di meja investigasi.

  • Teaming = Match Fixing

Kaau dilihat dari segi teknis, istilah seperti teaming mempunyai arti yang serupa seperti match fixing. Dimana kedua istilah ini sama-sama dengan sengaja merekayasa jalannya permainan sekaligus mencoreng nama sportivitas di sebuah turnamen atau liga.

Diharapkan bahwa semua pemain pro dari penjuru dunia tak melakukan hal memalukan seperti ini.

  • Peraturan Teaming di kompetisi PUBG Mobile

Regulasi mengenai teaming di kompetisi PUBG Mobile sudah tertera di PUBGM Official Competition Rule Book, poin 6,3,11 dengan bunyi:

‘Match Fixing: semua anggota team tak diperbolehkan bersekongkol, menyepakati, atau menawarkan agar bisa memperbaiki permainan. Ataupun mengambil tindakan lainnya secara sengaja serta tak adil untuk mencoba mengubah, mengubah hasil kompetisi.’

Tindakan Teaming akan diberi sanksi maksimal pada setiap contoh. Apabila semua anggota team diminta ‘memperbaiki’ hasil kompetisi ataupun mengambil bagian untuk tindakan apapun yang sudah dilarang General Rules. Maka semua anggota team itu wajib melaporkan permintaan tersebut kepada pihak penyelenggara kompetisi.

Itu saja penjelasan mengenai Teaming PUBG Mobile yang harus kamu ketahui. Perilaku ini adalah hal yang sangat terlarang dan wajib dihindari oleh siapapun. Semoga insiden teaming tidak kembali terjadi dan kamu sebagai pemain wajib bersikap jujur serta menjujung sportivitas. Terima kasih.