Berita  

Silaturahmi Prabowo Kental Nuansa Politik, PDI-P: Tidak Ada Pembicaraan Politik

Silaturahmi Prabowo Kental Nuansa Politik, PDI-P: Tidak Ada Pembicaraan Politik

JAKARTA РPengamat politik dari Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam menilai, safari silaturahmi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Idul Fitri 1443 H tahun ini kental dengan nuansa politik.

“Silaturahmi Lebaran Prabowo tampak mengandung nuansa politik dan motif kepentingan yang sangat kental,” kata Umam kepada Kompas.com, Jumat (6/5/2022).

Menurut Umam, pihak-pihak yang dikunjungi oleh Prabowo adalah simpul-simpul kekuatan politik besar, baik di level elite partai politik maupun tokoh yang berpengaruh secara sosial dan agama di akar rumput.

Adapun pada hari pertama Lebaran, Senin (2/5/2022), Prabowo bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Umam mengatakan, Jokowi dan Megawati merupakan simpul kekuatan besar dari sisi kekuasaan dan partai politik penguasa.

“Simpul ini sangat bermanfaat dan menentukan untuk ia gunakan sebagai instrumen politik guna mematangkan basis koalisi PDI-P-Gerindra, sebagai jangkar pengusung Prabowo-Puan,” kata Umam.

Selain itu, Prabowo juga dinilai ingin mendekati tokoh yang punya pengaruh sosial-agama, khususnya yang memiliki akar nahdliyin yang kuat.

Menurut Umam, hal itu berkaca dari silaturahmi Prabowo dengan kiai-kiai besar, termasuk mendatangi makam Presiden keempat Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

“Langkah ini bagian dari strategi politik Prabowo untuk cuci tangan dari catatan politik Pilpres 2014, Pilkada DKI Jakarta 2017, dan Pilpres 2019, di mana timnya dinilai cukup intens menggunakan strategi eksploitasi politik identitas,” ujar Umam.

Ia menjelaskan, strategi tersebut menyebabkan terkonsolidasinya kekuatan Islam konservatif di satu sisi dan menguatnya resistensi politik di kalangan nahdliyin di sisi lain.

Baca juga: Jika Ingin Duet Bersama Puan di Pilpres 2024, Prabowo Harus Sering Komunikasi dengan Megawati

Baca juga: Pernah Disebutkan Prabowo Soal Indonesia Akan Hancur Saat Debat Pilpres, Anwar Abbas Kini Khawatir



#Silaturahmi #Prabowo #Kental #Nuansa #Politik #PDIP #Tidak #Ada #Pembicaraan #Politik

Sumber : aceh.tribunnews.com