Berita  

GeMPAR Ingatkan Mendagri Soal Money Politik Dalam Penunjukan Pj Kepala Daerah

GeMPAR Ingatkan Mendagri Soal Money Politik Dalam Penunjukan Pj Kepala Daerah

Laporan Masrizal | Banda Aceh

Frogmancollections.com, BANDA ACEH – Ketua Gerakan Masyarakat Partisipatif (GeMPAR) Aceh Auzir Fahlevi SH mengingatkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian supaya mampu mengawal agar tidak terjadi transaksional atau money politik dalam penunjukan penjabat (Pj) gubernur, bupati, atau wali kota.

“Hal ini wajar kami sampaikan mengingat banyaknya orang-orang yang mengklaim dan mancatut nama pejabat Kemendagri serta pejabat tinggi dikalangan pemerintah pusat yang dapat meloloskan pejabat di daerah menjadi Pj bupati atau wali kota,” kata Auzir dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/5/2022).

Kondisi ini, menurutnya, perlu diwaspadai oleh Mendagri supaya kepercayaan publik tetap terjaga bahwa figur calon Pj bupati atau wali kota yang bakal ditunjuk nantinya adalah orang-orang yang jauh dari praktik koruptif.

Ia juga meminta Mendagri untuk tidak terjebak dalam arus kepentingan politik partai tertentu dalam menempatkan figur calon Pj gubernur, bupati, dan wali kota khususnya di Provinsi Aceh.

“Penjabat gubernur, bupati dan wali kota yang ditunjuk merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat dalam konteks manajemen birokrasi pemerintahan, bukan perpanjangan tangan partai politik tertentu,” ucap Auzir.

Khusus untuk Pj Gubernur Aceh, sambung Auzir, saat ini sudah ada tiga nama pejabat yang berpotensi untuk menjadi pengganti Gubernur Nova Iriansyah yang mada jabatannya akan berakhir pada 5 Juli 2022.

Yaitu T Iskandar yang saat ini menjabat Irjen Kementerian PUPR, Safrizal ZA yang saat ini menjabat Dirjen Adwil Kemendagri dan Indra Iskandar yang saat ini menjabat Sekjen DPR RI.

“Ketiganya merupakan putra Aceh yang cukup potensial dan memiliki kapasitas serta kredibilitas untuk menjadi Pj Gubernur Aceh,” ungkap dia.

Akan tetapi, lanjutnya, semuanya itu sangat tergantung atas penilaian dan pertimbangan Presiden Jokowi yang menginginkan sosok yang dapat memastikan jalannya pemerintahan dan mendorong akselerasi pembangunan secara berkeadilan.



#GeMPAR #Ingatkan #Mendagri #Soal #Money #Politik #Dalam #Penunjukan #Kepala #Daerah

Sumber : aceh.tribunnews.com