Berita  

Jabatan Nova Segera Berakhir, Anggota DPRA Desak Evaluasi RPJM

Jabatan Nova Segera Berakhir, Anggota DPRA Desak Evaluasi RPJM

BANDA ACEH – Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRA, Sulaiman SE, meminta Pimpinan DPRA segera mungkin membentuk Panitia Khusus (Pansus) Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

Pembentukan Pansus RPJM ini diperlukan mengingat masa jabatan Gubernur Aceh periode 2017-2022 akan segera berakhir dalam beberapa bulan ke depan.

Menurut Sulaiman, Pansus RPJM ini akan bertugas mengevaluasi pelaksanaan RPJM Aceh yang sudah berlangsung selama 5 tahun.

“Hasil pengamatan sekarang, targetnya itu jauh panggang dari pada api. Misalnya target pertumbuhan ekonomi, dalam RPJM 6,5 persen, sementara saat ini kami menduga cuma 2,75 persen,”

“Untuk pengentasan kemiskinan, tahun 2022 Aceh menargetkan 11,5 persen, tapi fakta sekarang justru di angka 15,43 persen,” ungkap Sulaiman dalam pernyataan tertulisnya kepada Serambinews.com, Kamis (14/4/2022).

Politisi Partai Aceh ini melanjutkan, indikator-indikator lemahnya ekonomi masyarakat Aceh dapat dilihat dengan nyata.

Misalnya tidak ada satupun swalayan, toko kelontong, atau pasar tradisional yang didominasi oleh produk Aceh.

“Di toko kelontong, dari ratusan item barang, hanya emping melinjo, gula merah dan bubuk kopi yang produk lokal. Beras saja, belum tentu digunakan beras produk Aceh,” sebutnya.

Jadi kesimpulannya, lanjut Sulaiman, ekonomi Aceh tidak sejalan antara pelaksanaan dengan yang tertulis di dalam RPJM, dengan target utama mensejahterakan rakyat Aceh.

“Artinya, kemandirian ekonomi tidak terjadi. Selama ini yang ada hanya peningkatan ekonomi Sumatera Utara, tidak ada peningkatan ekonomi Aceh,” imbuhnya lagi.

Dalam kaitan itu, Sulaiman menawarkan kepada PJ Gubernur  Aceh ke depan, siapapun yang akan ditunjuk, perlu kiranya menyiapkan langkah-langkah konkret untuk peningkatan ekonomi Aceh.

“Agar rakyat Aceh menikmati yang namanya kesejahteraan, karena tujuan pembangunan adalah untuk mensejahterakan rakyat,” demikian Sulaiman SE.(*)

Baca juga: Mobil Kasatpol PP Halangi Ambulans, Gelar Ganjar Sampai Wapres di Takengon – LIVE UPDATE ACEH

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Biaya Haji 2022, Ini Rinciannya per Jamaah

Baca juga: Gubernur Minta Garuda Layani Aceh-Medan, Surati Presiden Joko Widodo



#Jabatan #Nova #Segera #Berakhir #Anggota #DPRA #Desak #Evaluasi #RPJM

Sumber : aceh.tribunnews.com

Exit mobile version