Berita  

Pon Yaya WO dari Seminar Uji Publik Perubahan UUPA, Fachrul Razi: Acara Ini Bukan Konsultasi

Pon Yaya WO dari Seminar Uji Publik Perubahan UUPA, Fachrul Razi: Acara Ini Bukan Konsultasi

Laporan Masrizal | Banda Aceh

Frogmancollections.com, BANDA ACEH – Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Fachrul Razi memberikan penjelasan terkait walk outnya Ketua DPRA, Saiful Bahri alias Pon Yaya dari acara seminar uji publik rancangan undang-undang tentang Perubahan UUPA.

“Acaranya seminar uji publik yang dilaksanakan oleh DPD RI terkait untuk evaluasi UUPA dan  dan inventarisir masalah terhadap persoalan-persoalan setelah 16 tahun pelaksanaan UUPA,” kata Fachrul Razi kepada Serambinews.com, Senin (6/6/2022).

Ia menegaskan bahwa acara seminar tadi hanya menyerap masukan dan melakukan inventarisir masalah dari Pemerintah Aceh dan DPRA. “Tidak ada kaitannya dengan konsultasi publik. Konsultasi publik itu domainnya DPR RI dan harus masuk prolegnas dulu,” ujarnya.

Ketua Komite I DPD RI ini menyatakan sangat sepakat dengan Pon Yaya bahwa perubahan UUPA harus dilakukan dengan terlebih dahulu konsultasi dan mendapatkan pertimbangan DPRA sebagaimana bunyi Pasal 269.

“DPD juga menolak kalau revisi ke depan tidak melakukan konsultasi dengan DPRA. Karena itu, DPD RI dalam acara tadi menekankan bahwa UUPA harus dikembalikan sesuai MoU Helsinki,” ujarnya.

Fachrul Razi mengungkapkan bahwa sebenarnya ia juga tidak sepakat dengan kalimat ‘konsultasi’ dan ‘mendapatkan pertimbangan’ dalam UUPA apabila undang-undang tersebut direvisi.  

“Istilah konsultasi itu pelamahan, yang benar harus ada persetujuan (DPRA). Pertimbangan itu kita pertanyakan. Kita memberikan apresiasi kalau DPRA melakukan perwalawan terhadap itu,” ucap Fachrul Razi.

Fachrul Razi kembali menegaskan revisi UUPA harus ada konsultasi dengan DPRA dan revisi tersebut harus bisa meningkatkan penerimaan dana otsus dari 2 persen menjadi 2,5 persen dan bersifat selamanya.

“Kita tidak ingin revisi UUPA melanggar aturan dan DPD RI sama sikap dengan DPRA. DPRA harus punya sikap tegas. DPD juga siap menggugat jika revisi UUPA tidak sesuai undang-undang,” demikian Fachrul Razi.(*)

Baca juga: Begini Kronologi Ketua DPRA Protes Seminar Uji Publik Revisi UUPA di Kantor Gubernur Hingga Walk-out



#Pon #Yaya #dari #Seminar #Uji #Publik #Perubahan #UUPA #Fachrul #Razi #Acara #Ini #Bukan #Konsultasi

Sumber : aceh.tribunnews.com