Berita  

Mendagri Setuju Pengangkatan Pon Yaya Sebagai Ketua DPRA, Pelantikan Tunggu Rapat Banmus

Mendagri Setuju Pengangkatan Pon Yaya Sebagai Ketua DPRA, Pelantikan Tunggu Rapat Banmus

BANDA ACEH – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sudah meresmikan pengangkatan Saiful Bahri (Pon Yaya) sebagai Ketua DPRA sisa masa jabatan 2019-2024.

Keputusan Mendagri ditandatangani pada 26 April 2022 dan salinannya disampaikan oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, Akmal Malik pada 27 April 2022.

Saat ini surat nomor 161.11/2964/OTDA sudah sampai ke meja Plt Ketua DPRA, Safaruddin SSos MSP di Banda Aceh untuk ditindaklanjuti segera.

Dalam surat itu, Kemendagri mengharapkan Gubernur Aceh melaksanakan pengambilan sumpah/janji terhadap Saiful Bahri (Pon Yaya) sebagai Ketua DPRA sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Menyampaikan laporan pelaksanaan pengambilan sumpah/janji kepada Menteri Dalam Negeri Cq Direktur Jenderal Otonomi Daerah,” demikian bunyi surat tersebut.

Seperti diketahui, sebelumnya DPA Partai Aceh (PA) mengusulkan pergantian Ketua DPRA periode 2019-2024 dari Dahlan Jamaluddin ke Saiful Bahri alias Pon Yaya.

Surat usulan tersebut diantarkan langsung oleh Jubir PA, Nurzahri dan diterima oleh Wakil Ketua IIDPRA, Hendra Budian yang memegang nota dinas Ketua DPRA, Senin 14 Maret 2022.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sudah meresmikan pengangkatan Saiful Bahri (Pon Yaya) sebagai Ketua DPRA sisa masa jabatan 2019-2024 pada 26 April 2022.

Baca juga: BREAKING NEWS – Mendagri Teken Surat Pengangkatan Saiful Bahri (Pon Yaya) sebagai Ketua DPRA

Baca juga: Plt Ketua DPRA Safaruddin Pimpin Ikatan Alumni USU Wilayah Aceh

Surat pengangkatan itu sudah diterima oleh Plt Ketua DPRA, Safaruddin di Banda Aceh untuk kemudian ditindaklanjuti sesuai peraturan yang berlaku.

Safaruddin usai rapat paripurna di DPRA, Kamis (28/4/2022), mengatakan dirinya baru menerima salinan surat Kemendagri tersebut.

“Ketika ada surat masuk kita akan teruskan ke Banmus (Badan Musyawarah), nanti Banmus menentukan kapan paripurna untuk peresmian pelantikan ketua definitif,” katanya.

Terkait kapan jadwal pasti pelantikan, Safaruddin menyatakan sangat tergantung keputusan Banmus.

“Terserah Banmus kapan menjadwalkan pelantikan.

Saya tidak bisa mendahului,” ujar Safaruddin didampingi Gubernur Aceh Nova Iriansyah.(mas)

Baca juga: Penerima Rumah Duafa Dipungli, DPRA Minta Diusut Agar Rakyat tidak Dirugikan

Baca juga: Jelang Mudik 2022, DPRA Minta PUPR dan BPJN Siagakan Alat Berat dan Benahi Jalan Rusak



#Mendagri #Setuju #Pengangkatan #Pon #Yaya #Sebagai #Ketua #DPRA #Pelantikan #Tunggu #Rapat #Banmus

Sumber : aceh.tribunnews.com